Rabu, 19 Oktober 2016

KARANG TARUNA DIAJAK TANGKAL RADIKALISME

PURWODADI -19/10/16 Karang taruna adalah garda terdepan pergerakan pemuda di wilayah, yang mana diketuai oleh Kurniawan yg akrab dipanggil wawan tersebut mantan ajudan Bupati era Bambang Pudjono ini menyelenggarakan pembinaan karang taruna se Kab. Grobogan.

Kegiatan yang dilaksanakan tadi siang di Transito Kabupaten Grobogan mengundang Kasat Intelkam Polres Grobogan AKP Sutamto, SH untuk memberikan materi bahaya paham radikal.

Kegiatan tersebut juga dihadiri Danramil 0717 Purwodadi yaitu Kapten Inf. Marthin Surugallang, Sekretaris Dinsosnakertrans Kab. Grobogan yaitu Stefanus Sartono, S.H dan anggota karang taruna sebanyak 40 orang yang terdiri dari Ketua Karang Taruna per-kecamatan, Pengurus Harian Karang Taruna Kab. Grobogan.

Dalam kesempatan tersebut Kasat Intelkam Polres Grobogan menyampaikan materi yang intinya :
a. Pengertian radikalisme adalah paham yang menghendaki perubahan scr mendasar pd unsur revolusioner dan anti penguasa. Adapun faktor pendukung yaitu instabilitas ipoleksosbudhankam dan lemahnya penegakkan hukum.
b. Adapun penyebaran paham radikal yaitu melalui internet, masjid yg berhasil dikuasai, majalah, bulletin dan booklet serta melalui penerbitan buku.
c. Ciri-ciri kelompok radikal yaitu fanatik thd pendapat diri sendiri, tidak teliti dlm menafsirkan Al-quran, hadist dan pandangan para ulama serta mengklaim posisi mujtahid mutlak bagi para pemimpin gerakan radikal.
d. Upaya untuk antisipasi adalah karang taruna turut aktif untuk monitor perkembangan giat pok radikal dan terorisme, peningkatan komunikasi dg Polres Grobogan, pelatihan kader karang taruna dg berbagai bentuk kegiatan dg tujuan tangkal radikal dan terorisme di Kab. Grobogan serta menjalin kerja sama antar semua pihak baik karang taruna terhadap semua unsur pemerintahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar